Sambutan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (2013 – 2015)

Sambutan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (2013 – 2015), Sambutan Wakasad, Letjen TNI (Purn.) Dr. Muhammad Munir

Muhammad Munir
Sumber Wikipedia

Letjen TNI (Purn.) Dr. Muhammad Munir

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh; Salam sejahtera bagi kita semua; Shalom; Om Swastyastu; Namo Buddhaya; Salam Kebajikan.

Selaku Pribadi dan juga Mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat RI kami menyambut baik atas hadirnya buku Biografi Teddy Kardin yang berisikan kisah inspiratif seorang anak bangsa—yang bukan tentara—tetapi selalu hadir pada saat ibu pertiwi memanggilnya.

Teddy Kardin selalu berada di depan, bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada saat negara membutuhkan.  Sikap yang ditunjukan Teddy inilah yang patut diteladani.

Teddy Kardin yang berprofesi sebagai geolog tidak hanya pelaku sejarah dalam 3 operasi militer yang dilaksanakan TNI sebagaimana yang dapat Anda baca dalam buku ini, tetapi juga ia memberikan teladan langsung kepada kita betapa pentingnya keikutsertaan setiap warga masyarakat dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta.

Keputusan Teddy membantu TNI berkali-kali yang tercatat dalam buku ini adalah merupakan wujud dari pelaksanaan Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 yang berbunyi: “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Dimana pada Pasal 30 ayat (2) UUD 1945 dikatakan bahwa, "Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung."

UU Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara juga mengamanatkan dan menegaskan bahwa hakikat pertahanan negara kita adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri.

Oleh karena itu Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) sedini mungkin melalui berbagai usaha, tindakan, dan kegiatan dalam rangka menanamkan nilai-nilai dasar Bela Negara adalah sangat penting. Salah satunya adalah dengan menggali sejarah dan kisah-kisah inspiratif tentang bela negara dan cinta tanah air sebagaimana yang tersaji dalam buku mengenai Teddy Kardin ini.

Sebagai penutup kata sambutan ini kami berharap dengan diterbitkannya buku Biografi Teddy Kardin yang berisikan nilai-nilai kebangsaan dan semangat cinta tanah air yang terkandung di dalamnya dapat menginspirasi dan dijadikan teladan bagi semua generasi bangsa Indonesia saat ini maupun yang akan datang. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Jakarta, 14 Juli 2023 

LihatTutupKomentar
Cancel