Pengantar Ketua Panitia Pembuatan Buku Teddy Kardin

Rasjid Aladin, pengantar ketua panitia pembuatan buku Teddy Kardin, Biografi Teddy Kardin

Rasjid Aladin


Rasjid Aladin

Setelah hampir 10 tahun kami berusaha membujuk Teddy untuk menerbitkan buku mengenai pengalaman hidupnya yang sangat menarik dan unik, tetapi ia selalu menolak dengan alasan takut riya’. Teddy adalah pribadi yang tidak ingin menonjolkan diri sejak dulu.

Karena itu kami sangat bersukacita ketika pada tahun 2022 lalu akhirnya Teddy bersedia bertemu dengan panitia yang terdiri dari alumni Geologi ITB angkatan 71 dan 73 untuk membahas rencana penerbitan buku yang kini ada di tangan Anda.

Salah satu alasan mengapa buku ini perlu diterbitkan adalah karena ada banyak pembelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman hidup seorang Teddy Kardin yang kebetulan kampus ITB adalah salah satu tempat pembentukan intelektualnya. 

Kami berharap sosok Teddy kardin yang hadir lewat buku ini dapat menjadi referensi sekaligus sumber inspirasi bagi para generasi Indonesia di tengah-tengah krisis identitas dan kian memudarnya semangat kebangsaan pada saat ini.

Dalam rangka itu pula selaku panitia kami berusaha memilih penulis yang tepat, yang tak hanya memiliki kompetensi dalam menulis sebuah buku biografi, tetapi terlebih lagi yang memahami konteks serta memiliki sense of belonging terhadap nilai-nilai yang kami sebutkan di atas. 

Kami memilih penulis yang tak hanya professional, tetapi juga memiliki kedekatan emosional terhadap apa yang ia tulis, yaitu semua hal yang berseliweran dalam sejarah hidup Teddy, terutama pengalamannya sebagai petualang dan geolog yang hidup bersama orang Dayak di Kalimantan, Orang Rimba di Jambi, dan lain sebagainya. Alexander Mering penulis buku ini adalah juga orang Dayak yang telah berpetualang ke seluruh pelosok nusantara, meskipun dalam konteks yang berbeda dari yang Teddy lakukan.

Harapan kami, ia dapat menggambarkan dengan lebih baik lokasi, tempat dan konteks budaya yang telah menempa Teddy sebagai sebuah pribadi yang sangat kuat dan dikagumi banyak orang. Oleh karena itu kami percaya bahwa buku ini akan menjadi sumber pengetahuan, pelajaran, dan inspirasi bagi semua pembaca yang budiman.

Teddy Kardin, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, adalah seorang geolog senior yang merupakan alumni ITB Bandung. Beliau juga seorang petualang yang hampir seluruh sisi hidupnya menyerempet bahaya, tetapi dari situlah ia dapat memaknai profesi maupun kehidupan dengan kerendahan hati. Ia tak pernah mangkir ketika negara memanggil dan membutuhkannya, tanpa mengharapkan imbalan. 

Padahal dia adalah seorang geolog professional dan petualang yang telah menjadi penasehat militer Indonesia. Mulai dari Kopassus hingga kesatuan lainnya mengenai berbagai teknik, keterampilan, termasuk navigasi darat, jungle survival, mengesan jejak, dan lain sebagainya.

Pada saat ini barangkali orang-orang lebih mengenalnya sebagai ahli pisau (Empu Pisau) Indonesia, karena karya pisaunya tak hanya digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) tetapi juga militer dari berbagai negara di dunia, termasuk para kolektor dan pecinta pisau dari mancanegara.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembuatan buku ini, para sponsor, para narasumber, pihak Allsysmedia yang bersedia dan menyambut baik kerjasama ini, serta terimakasih kepada semua pembaca yang dapat memetik pembelajaran dan inspirasi dari tokoh unik ini.  

Bandung, 18 Juli 2023

LihatTutupKomentar
Cancel