Pengantar dari Penerbit Allsysmedia

Pengantar dari Penerbit Allsysmedia, Alexander Mering, The Shadow Knight,

Alexander Mering, Allsysmedia

Alexander Mering

Sebagai penerbit yang lahir dari semangat kebangsaan yang berakar pada nilai-nilai luhur budaya nusantara, Allsysmedia secara konsisten akan terus berupaya menyajikan berbagai naskah yang bermutu dan inspiratif. Terutama karya-karya yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, semangat patriotisme, dan cinta tanah air dalam bingkai kebhinekaan.

Kami sangat yakin bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tak hanya menghormati sejarah, tetapi juga yang mengakar kuat pada budaya, tradisi dan kultur bangsanya sendiri tanpa harus menolak nilai-nilai global. Justru di tengah-tengah gelombang revolusi industri 4.0 dan 5.0 yang terjadi saat ini, berkelindannya nilai-nilai lokal dan global akan memperkaya khasanah kebudayaan manusia, dan sekaligus yang membedakan kita dari bangsa lain.

Oleh karena itu diterbitkannya buku The Shadow Knight, Jejak Petualangan Profesional Intelektual Geolog Teddy Kardin pada tahun ini adalah bagian dari upaya kami tetap konsisten menjalankan visi dan misi Allsysmedia sesuai dengan semangat tersebut di atas. 

Sudah seperti sebuah tradisi, bahwa pada tanggal 17 Agustus setiap tahun Allsysmedia selalu meluncurkan buku-buku terbarunya. Terutama buku-buku yang mempromosikan semangat kembangsaan, nasionalisme, cinta tanah air dan Bhineka Tunggal Ika. Tujuannya adalah sebagai narasi penyeimbang di tengah semakin maraknya publikasi yang mempromosikan sejumlah ideologi yang bertentangan bahkan anti terhadap nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. 

Allsysmedia menyadari bahwa di era digital bukan hanya konten saja yang harus bagus dan menarik, tetapi juga diperlukan cara berkomunikasi yang kreatif dan unik agar pesan yang disampaikan bisa menjangkau publik yang lebih luas. Oleh karena itu kami sajikan buku ini dalam genre narrative reporting, yaitu naskah yang tampil seperti seorang teman lama datang bercerita. Sehingga meskipun peristiwa yang ditulis di buku ini terjadi puluhan tahun silam, namun ceritanya tidak basi dan tetap legit dinikmati maupun diperbincangkan.

Buku ini menjadi istimewa bukan saja karena ceritanya yang sangat emosional dan inspiratif, tetapi juga karena sosok yang diceritakan di buku ini adalah tokoh yang fenomenal. Para penggemar karyanya menyebutnya Empu Pisau. Namun sebenarnya dia adalah seorang geolog cum petualang berhati lembut yang jumlahnya sangat sedikit di Indonesia. Sebab selain di novel dan di film-film, belum tentu akan lahir lagi sosok manusia seperti Teddy Kardin 100 tahun yang akan datang! Yaitu Orang ‘Dayak’ Bandung yang melarungkan puluhan tahun hidupnya dari Aceh sampai papua, dari Kalimantan sampai Timor Timur–bersama 7 orang Suku Dayak sahabatnya—menempuh berbagai bahaya hanya bermodal buffalo skinner untuk nusa dan bangsa tanpa takut terbunuh.

Untuk merampungkan buku ini, penulis telah mewawancarai lebih dari 40 narasumber utama, dan sejumlah narasumber pendukung, termasuk saksi mata yang masih hidup. Penulis dan tim riset juga mengumpulkan berbagai dokumen, manuskrip serta buku referensi untuk melengkapi hasil wawancara dan reportase yang dilakukan penulis. Terhadap para narasumber kunci, penulis pun melakukan wawancara berkali-kali demi mendapatkan detil peristiwa, nama, kronologi, waktu dan data-data yang dibutuhkan.

Tentu saja dengan durasi yang hanya sekitar dua bulan untuk riset, wawancara, reportase dan proses penulisan serta editing, maka tentu akan sangat mungkin masih terdapat beberapa kelemahan dan bias yang tak terhindarkan meski kami berusaha meminimalisirnya dengan melibatkan korektor serta peran aktif panitia pembuatan buku ini yang diketuai oleh Rasjid Aladin. Namun demikian kami sungguh berharap hal tersebut tidak akan mengurangi makna dan tujuan dari diterbitkannya buku ini. 

Sebagai penutup kata pengantar ini, perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada Rasjid Aladin selaku Ketua Panitia pembuatan buku dan semua anggotanya—alumni ITB—yang telah mempercayakan buku ini untuk kami terbitkan.

Terima kasih juga kepada para narasumber yang telah sudi meluangkan waktunya dan para pendukung buku ini yang tak dapat kami sebutkan satu persatu, baik dalam bentuk sponsorship, dorongan spirit dan doanya. Karena berkat kerjasama yang luar biasa dari kalian semualah buku ini akhirnya terbit tepat waktu.

Kepada para pembaca yang budiman kami ucapkan selamat membaca, selamat berpetualang bersama tokoh yang inspiratif ini! 

Bogor, 8 Agustus 2023

LihatTutupKomentar
Cancel